Alternatif Penggunaan Microsoft Office di Laptop ChromeBook, Caranya?

Laptop Chromebook berjalan di sistem operasi Google yang disebut Chrome OS. Chrome OS merupakan produk turunan dari Linux yang tentunya berbeda dengan Windows dan Mac OS.

Perbedaan ini menyebabkan beberapa aplikasi tidak berjalan dengan baik di Chromebook, termasuk Microsoft Office.

Tempo.co menulis pada Senin, 30 Agustus 2021 bahwa Microsoft melaporkan telah mengakhiri dukungan untuk aplikasi Office di Chromebook mulai 18 September 2021.

Ini berarti bahwa setelah 18 September 2021, Microsoft tidak akan lagi mendukung aplikasi Office seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Outlook dan oleh karena itu tidak akan diperbarui atau dioptimalkan lebih lanjut. Sebaliknya, Microsoft ingin pengguna Chromebook beralih ke versi web aplikasi untuk pengalaman yang disederhanakan.

Pengalaman web dengan Layanan Microsoft 365 menawarkan fungsionalitas lebih. Aplikasi Microsoft menjadi pengalaman web bagi pengguna Chromebook, ‚ÄĚkata Microsoft kepada Techcrunch pada 28 Agustus 2021.

Dengan pengalaman web, Microsoft ingin pengguna Chromebook beralih ke layanan Microsoft 365 yang menyediakan fungsionalitas tambahan melalui aplikasi individual.

TechCrunch juga menunjukkan bahwa pendekatan web lebih dioptimalkan untuk layar yang lebih besar daripada aplikasi. Namun, ponsel dan tablet akan tetap didukung dengan aplikasi Office,” kata Microsoft.

Pengguna Chromebook masih dapat menggunakan aplikasi Office hingga 18 September 2021 dan seterusnya, meskipun Microsoft tidak lagi mendukungnya. Ini berarti bahwa mereka tidak akan menerima pembaruan atau fitur baru di masa mendatang.

Selain itu, pengguna Chromebook juga dapat mengunduh aplikasi Microsoft Office dari Google Play Store dan menikmati semua fitur yang tersedia. Sumber Sea di Wall Street Journal telah menulis kepada Google untuk menggabungkan Chrome OS di komputer dengan sistem operasi seluler Android.

Ini membuka lebih banyak kemungkinan di mana pengembang akan dapat membuat aplikasi dan pengalaman baru di komputer dan bukan hanya di ponsel.

Berbicara tentang aplikasi, beberapa aplikasi Android sudah berjalan di Chromebook, yang mungkin merupakan tanda awal rencana merger perusahaan, termasuk aplikasi Office.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *